Tentang Kami

LazisMU UHAMKA merupakan salah satu lembaga amil zakat dalam tingkatan kampus yang berusaha bisa bermanfaat ke dalam, regional dan nasional. Lembaga ini berkhidmat dalam memberikan pemberdayaan pada masyarakat, melalui pengolahan dana zakat, infak dan shodaqoh dari perorangan, dermawan, lembaga, perusahaan dan instansi lainnya.

Latar belakang didirikannya lembaga ini terdapat dua macam faktor, yaitu faktor internal dalam kampus dan kedua faktor eksternal luar kampus yaitu potensi zakat masyarakat dan keadaan masyarakat umat Islam. Secara internal, semenjak berdirinya UHAMKA dari Rektor Prof. Dr. Qomari Anwar (alm) hingga Prof. Dr. H. Suyatno, M.Pd kesadaran zakat sudah mulai menggeliat, dengan ditandainya adanya kesadaran pimpinan dan karyawan mengeluarkan zakat dan infaknya di kampus. Namun kelembagaan tersebut dikelola oleh Wakil Rektor bidang al Islam dan Kemuhammadiyahan, sehingga belum dapat bekerja dengan maksimal. Hal ini dikarenakan struktur dan program kerja untuk kebutuhan internal kampus seperti pemberian beasiswa pada mahasiswa berprestasi dan qordul hasan.

Secara eksternal potensi zakat, infak, dan shodaqoh yang luar biasa dikarenakan banyaknya penduduk Indonesia yang beragama Islam. Selanjutnya realitasnya adanya ketimpangan sosial masyarakat dikarenakan kebijakan yang kurang adil dari pembangunan, sehingga menjadikan masyarakat dalam keadaan miskin, bodoh, terbelakang dan tertinggal. Oleh karena itu, zakat dengan pengolahnya mampu mengurangi ketimpangan sosial agar lebih adil dan sesuai kemanusiaan  sehingga dapat memberikan dampak yang signifikan pada masyarakat.

Adanya lembaga ini, dimaksudkan sebagai institusi pengelola zakat dengan manajemen modern yang dapat menghantarkan zakat menjadi bagian dari penyelesai masalah sosial masyarakat yang terus berkembang.

Lembaga ini memiliki budaya kerja amanah, professional dan transparan, LazisMU UHAMKA berusaha mengembangkan diri menjadi Lembaga Zakat terpercaya dengan seiring waktu, diharapkan kepercayaan publik semakin menguat.

Nilai kreatifitas dan inovasi, LazisMU UHAMKA senantiasa memproduksi program-program pendayagunaan yang mampu menjawab tantangan zaman serta problem sosial masyarakat yang berkembang.

Operasional programnya, LazisMU UHAMKA didukung oleh Jaringan Multi Lini yang dimiliki oleh LAZISMU PP. Muhammadiyah, yaitu sebuah jaringan konsolidasi lembaga zakat yang tersebar di seluruh propinsi (berbasis kabupaten/kota) yang menjadikan program-program pendayagunaan LAZISMU PP Muhammadiyah mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia secara cepat, terfokus dan tepat sasaran.